Senin, 12 April 2010

Olimpiade Nasional MIPA 2010 Diikuti 1.526 Mahasiswa

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.526 mahasiswa akan ikut serta dalam seleksi wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2010 yang digelar oleh Departemen Pendidikan Nasional. Drai jumlah tersebut, 649 mahasiswa ikut serta dalam Olimpiade Matematika, 448 mahasiswa mengikuti bidang studi Fisika, dan 429 lainnya mengikuti bidang studi Kimia.

Direktur Akademik Dikti, Illah Sailah, mengatakan proses seleksi di tingkat internal perguruan tinggi sudah dilakukan. Kini, tinggal menunggu seleksi wilayah yang digelar secara bersamaan pada tanggal 6-7 April 2010 oleh 12 perguruan tinggi, yaitu Universitas Syah Kuala untuk NAD dan Sumut; Universitas Riau untuk Sumbar, Riau, Kepri dan Jambi; Universitas Sriwijaya untuk Sumsel, Babel, Bengkulu dan Lampung; Universitas Negeri Jakarta untuk Jabodetabek dan Banten; Universitas Pendidikan Indonesia untuk Jawa Barat; Universitas Negeri Yogyakarta untuk DI Yogyakarta; Universitas Sebelas Maret untuk Jawa Tengah; Universitas Airlangga untuk Jawa Timur; Universitas Udayana untuk NTT, NTB dan Bali; Universitas Negeri Makassar untuk Sulawesi; Universitas Mulawarman untuk Kalimantan; dan Universitas Patimura untuk Maluku dan Papua.

Menurut catatan Direktorat Akademik Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas, keikutsertaan peserta meningkat seiring dengan meningkatnya area wilayah yang ikut serta dari 10 wilayah pada 2009 dan sekarang 12 wilayah. Nantinya, empat hingga enam orang dari 20 pemenang Olimpiade Nasional MIPA ini akan diberangkatkan mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Sains Internasional ke-16 di Eropa Timur akhir Juli mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar