Selasa, 13 April 2010

Apple Setujui Opera Mini untuk iPhone

VIVAnews - Opera menyatakan bahwa Apple telah mengizinkan peluncuran Opera Mini untuk iPhone dan iPod Touch, Senin, 12 April 2010. Aplikasi browser mobile ini dapat segera diunduh gratis dari Apple Application Store pada Selasa, 13 April 2010.

"Kami sangat gembira bisa menawarkan pengalaman browsing dengan Opera Mini bagi pengguna iPhone dan iPod Touch, aplikasi ini merupakan langkah Opera untuk memudahkan masyarakat mengakses internet di mana saja," ujar Kepala Eksekutif Korporat Opera Software, Lars Boilesen melalui pernyataan resmi seperti dikutip laman Computer World.

Opera mendaftarkan browser mereka ke Apple tiga pekan lalu. Saat didaftarkan, mereka yakin Apple akan segera menyetujui aplikasi ini. "Opera Mini tidak akan merusak sistem iPhone dan Apple juga telah menerima browser lain. Saya rasa akan aneh kalau Apple menolaknya," kata salah satu pendiri Opera, Jon Von Tetzchner.

Sebelumnya, Opera telah menunjukkan browser Opera Mini ini kepara rekan dan wartawan. Mereka menyatakan bahwa Opera Mini bekerja enam kali lebih cepat daripada browser milik Apple, Safari, berkat teknologi kompresi yang dilakukan sebelum mengunduh data ke perangkat keras.

Peningkatan kecepatan ini akan segera dirasakan bagi pengguna iPhone versi terdahulu yang menggunakan koneksi data EDGE dan bukan 3G. Juru bicara Opera mengatakan pengompresian ini juga akan menghemat penggunaan data jika pengguna berada di wilayah roaming.

Opera dikabarkan juga akan membuat Opera Mini untuk komputer tablet iPad jika Apple menerima browser ini untuk iPhone dan iPad Touch. Opera Mini telah tersedia untuk sistem operasi BlackBerry, Android versi Beta, dan Windows Mobile.

0 komentar:

Posting Komentar