Selasa, 08 Juni 2010

Pertumbuhan PC di Asia Dekati 23%


Secara unit, industri berhasil mengapalkan sekitar 81,5 juta unit sepanjang bulan Januari hingga Maret tahun ini, dibandingkan 66,5 juta pada periode yang sama setahun silam.

“Krisis finansial global cukup berpengaruh pada penjualan PC di tahun lalu,” kata Matthew Wilkins, analis khusus industri komputer iSuppli pada keterangan resminya seperti dikutip dari Cnet, 8 Juni 2010. “Membaiknya kondisi tersebut di awal tahun ini membuat pertumbuhan penjualan meningkat signifikan."

Berdasarkan laporan tersebut, Hewlett-Packard (HP) masih bertahan sebagai pemimpin pasar dengan menguasai 19,6 persen pangsa pasar, atau sekitar 15,9 juta unit. HP berhasil meningkatkan penjualan PC-nya hingga 22,2 persen.

Namun, peningkatan penjualan PC Acer, yang bertengger di nomor dua, justru lebih besar yakni sekitar 47,1 persen. PC Acer, pada periode yang sama, cukup kuat dengan 13,3 persen pangsa pasar, atau kurang lebih 10,8 juta unit.

Dell dan Lenovo membayang-bayangi HP dan Acer di posisi ketiga dan keempat. Masing-masing menguasai sekitar 13,1 persen dan 8,6 persen pangsa pasar. Di kuartal pertama, Dell menjual 10,6 juta unit sementara Lenovo hanya sekitar tujuh juta unit.

Meski namanya cukup besar, Toshiba hanya mampu bertahan di posisi kelima dengan pertumbuhan 31,2 persen, dari 3,4 juta unit menjadi 4,5 juta unit, dengan pangsa pasar 5,6 persen.

Secara keseluruhan, dalam tiga paruh bulan pertama di 2010, Asus menjadi "primadona". Produsen asal Taiwan ini sukses mencatat pertumbuhan penjualan terbesar dan jauh melampaui pertumbuhan industri sendiri, yakni 136,2 persen.

Penjualan PC Asus, yang sangat terbantu dengan kontribusi produk netbook dan notebook, mencapai 4,3 juta unit, meroket tajam dari 1,8 juta unit. Namun demikian, pangsa pasar Asus masih relatif kecil, cuma 5,4 persen, dua persen lebih besar ketimbang Apple di posisi ketujuh. (hs)

VIVAnews - Lembaga riset iSuppli melaporkan hasil penelitian terbarunya seputar penjualan PC (personal desktop) di pasar Asia. Menurutnya, pada triwulan pertama tahun ini, pengapalan PC di Asia meningkat 22,7 persen dibandingkan triwulan pertama tahun lalu.

Pertumbuhan penjualan tersebut, diklaim iSuppli, merupakan peningkatan penjualan tahunan terbesar sejak tahun 2003.

0 komentar:

Posting Komentar